Penularan sipilis lewat apa

Penularan sipilis lewat apa


Menyampaikan perasaan cinta pada pasangan memang harus. Tapi, sebaiknya kita harus berpikir dua kali jika akan menyampaikannya lewat ciuman. Karena faktanya, berciuman bisa memindahkan bakteri yang ada di dalam mulut. Bukan hanya itu, virus dan penyakit pun bisa menular. Dilansir dari akun Instagram @fakta.kesehatan, ada fakta yang menerangkan tentang risiko berciuman.

Apa sajakah itu?

1. Sipilis

Ciuman adalah cara paling umum untuk menyalurkan virus sipilis. Dibandingkan dengan berhubungan intim termasuk anal. Singkatnya, setiap ada luka terbuka dan atau adanya kehadiran darah infeksi akan semakin mudah ditularkan. Begitulah kata dr. Antonio Pizarro, M. D.

2. Meningitis

Menurut Chris Carpenter, M. D., beberapa kasus meningitis disebabkan oleh bakteri sementara ada juga kasus lain yang terjadi Karena virus (termasuk herpes). Bakteri meningitis dapat menyebar melalui kontak langsung seperti ciuman.

3. Gingivitis

Penyakit ini disebabkan melalui bakteri. Yang penyebarannya bisa ditularkan melalui ciuman. Bakteri ini dapat menyebabkan radang gusi hingga gusi berlubang.

PENYAKIT sifilis atau yang lebih dikenal dengan penyakit raja singa paling gampang menular. Tidak hanya melalui kontak seksual, berciuman pun penyakit ini muda berpindah. Ahli Patologi Atonomi, Dr Melissa Stoppler mengatakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini susah untuk disembuhkan. Sama dengan penyakit HIC, HPV dan hepatitis B.

Bahkan kata dokter peraih penghargaan tertinggi dari University of Virginia itu penyakit menular gonorrhea yang mudah diobati sudah resisten terhadap berbagai antibiotik. "Penting disadari bahwa kontak seksual tidak hanya berhubungan (vagina dan anal). Kontak seksual juga meliputi ciuman, kontak oral-genital, dan penggunaan seksual "mainan," seperti vibrator yang menyebabkan sifilis menular," kata Stoppler dalam tulisannya seperti yang dilansir Medicinenet. 

Stoppler menjelaskan pada dasarnya seks bukanlah hal yang aman. Dalam hubungan monogami pun orang-orang bisa terinfeksi penyakit menular. "Kebanyakan orang menganggap berciuman sebagai aktivitas yang aman. Namun, sifilis, herpes, dan infeksi lainnya dapat tertular melalui tindakan yang dianggap tidak berbahaya itu," ucapnya. Semua  kontak seksual memiliki beberapa risiko. Kondom yang dinilai sebagai alat kontrasepsi yang aman hanya mampu menangkal jenis penyakit kelamin tertentu.

"Kondom dapat mengurangi penyebaran infeksi tertentu, seperti Chlamydia dan gonorrhea, namun tidak sepenuhnya dapat melindungi infeksi lain seperti herpes genital, kutil kelamin, sifilis, dan AIDS," jelasnya. Stoppler menekankan, yang perlu dilakukan untuk menghindari penularan penyakit menular seks ini adalah kesadaran dari masyarakat. Dan yang tak kalah penting lagi adalah perlunya pendidikan tentang infeksi dan metode pencegahannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Obat kelamin laki laki keluar cairan nanah dan berbintik pada batang

Kencing nanah disertai ruam merah pada kaki dan tangan

Penanganan penyakti sifilis pada ibu hamil 8 bulan